Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar Resmi Mendaftar sebagai Capres dan Cawapres

INFO TANGERANGKOTA – Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar secara resmi mendaftar sebagai peserta Pilpres 2024. Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) itu mendaftar di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) pukul 10.13 WIB Kamis, 19 Oktober 2023.

Anies-Muhaimin secara simbolis menyerahkan seluruh berkas persyaratan pendaftaran kepada Ketua KPU Hasyim Asy’ari, di ruangan utama Kantor KPU. Teriakan “Amin” bergema mengisi ruangan.

Kedatangan Anies-Muhaimin untuk mendaftar didampingi oleh sejumlah tokoh penting, antara lain Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Presiden PKS Ahmad Syaikhu, dan Sekretaris Jenderal PKB Hasanuddin Wahid.

Anies dan Muhaimin menjadi pasangan capres dan cawapres pertama yang mendaftar sebagai calon peserta Pilpres 2024. KPU telah membuka proses pendaftaran untuk capres dan cawapres mulai tanggal 19 hingga 25 Oktober 2023.

Proses pendaftaran ini mengacu pada Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 yang mengamanatkan bahwa pasangan calon presiden dan wakil presiden harus diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi sebanyak minimal 20 persen dari total kursi di DPR atau memperoleh dukungan sebanyak 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Dengan adanya 575 kursi di parlemen, pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus mendapatkan dukungan minimal sebanyak 115 kursi di DPR RI. Selain itu, mereka juga dapat diusung oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta Pemilu 2019 yang telah memperoleh suara sah minimal sebanyak 34.992.703 suara.***

Baca Juga:  Gibran Kandidat Kuat Cawapres Prabowo, Pendukung Tunggu Putusan MK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *