Mutasi Kapolda Banten: Ini Profil Abdul Karim Pengganti Rudi Heriyanto

INFO TANGERANGKOTA – Provinsi Banten akan memiliki seorang Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) baru dalam waktu dekat. Dalam serangkaian mutasi yang dilakukan Kepala Polri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Brigadir Jenderal (Brigjen) Abdul Karim ditunjuk sebagai Kapolda Banten yang baru.

Brigjen Abdul Karim sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS Bareskrim Polri. Sebagai Kapolda, Brigjen Abdul Karim akan menyandang pangkat Inspektur Jenderal (Irjen), setara dengan pangkat jenderal bintang dua.

Pengangkatan Brigjen Abdul Karim sebagai Kapolda Banten adalah bagian dari serangkaian mutasi Polri yang dilakukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Mutasi tersebut tertuang dalam telegram bernomor ST/2360/X/KEP./2023. Total ada 55 personel yang dimutasi.

Mutasi ini melibatkan sejumlah perwira tinggi dan menengah Polri, termasuk enam Kapolda di berbagai provinsi di Indonesia.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menyatakan mutasi dan rotasi di tubuh Polri merupakan hal yang biasa.

Dedi mengatakan mutasi jabatan bertujuan meningkatkan kinerja hingga promosi dalam sistem pembinaan karier seorang polisi. Dia menambahkan mutasi jabatan ini juga dalam rangka persiapan pengamanan pemilu.

“Dalam rangka meningkatkan kinerja, promosi dalam sistem pembinaan karier, tour of duty and area, dan dalam rangka mempersiapkan pengamanan pemilu secara awal,” jelas Dedi.

Selain Kapolda Banten, 5 kapolda lainnya yang berganti antara lain:

  1. Kapolda Jawa Timur yang dijabat Irjen Toni Hermanto digantikan oleh Irjen Imam Sugianto, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Timur.
  2. Kapolda Kalimantan Timur nantinya akan dijabat Irjen Nanang Avianto yang sebelumnya menjabat Kapolda Kalimantan Tengah.
  3. Pengganti Irjen Nanang yakni Irjen Djoko Poerwanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat.
  4. Irjen Umar Faroq yang sebelumnya menjabat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri dimutasi menjadi Kapolda NTB.
  5. Kapolda Kepulauan Bangka Belitung juga mengalami pergantian. Irjen Yan Sultra akan digantikan Irjen Tornagogo Sihombing yang sebelumnya mengemban jabatan sebagai Wakil Inspektur Pengawasan Umum Polri.
Baca Juga:  Kasus Mafia Tanah Mulai Penyidikan, Warga Lebak Siap Demo Lagi ke Jakarta

Profil Abdul Karim

Abdul Karim bukanlah sosok asing di Polda Banten. Ia sebelumnya pernah menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Banten pada periode 2017-2019.

Perwira polisi yang lahir di Surabaya pada tanggal 28 Februari 1974 ini juga memiliki pengalaman sebagai Kepala Polres Metro Tangerang Kota. Ia memulai tugasnya sebagai Kapolres Metro Tangerang Kota sejak 1 Februari 2019, menggantikan Kombes Harry Kurniawan.

Saat Abdul Karim menjabat sebagai Kapolres Metro Tangerang Kota, situasi politik nasional tengah memanas, dampak dari perhelatan pemilihan presiden (pilpres) yang berlangsung. Hasil pilpres saat itu telah digugat di Mahkamah Konstitusi (MK), dan massa dari berbagai daerah berupaya datang ke Jakarta untuk berunjuk rasa sebagai reaksi terhadap hasil pemilu.

Ketika itu, Tangerang juga menjadi salah satu kantong massa yang akan bergerak ke Jakarta. Aparat kepolisian dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) melakukan upaya untuk mencegah mobilisasi massa ke Ibu Kota.

Pada puncaknya, Abdul Karim berhasil mencegat ribuan pelajar dan mahasiswa Tangerang yang berencana menuju Jakarta untuk berunjuk rasa sebagai respons terhadap hasil pilpres.

Abdul Karim memegang jabatan Kapolres Metro Tangerang Kota hingga awal tahun 2020, sebelum dipindahkan ke jabatan berikutnya dalam perjalanan karirnya.

Selain berhasil dalam pengamanan wilayah, Abdul Karim juga sukses mengungkap beberapa kasus kriminal selama masa tugasnya. Salah satunya adalah pengungkapan kasus perakitan ponsel ilegal, yang mengakibatkan kerugian sekitar Rp 1,2 triliun.

Berikut riwayat jabatan Abdul Karim dikutip dari Wikipedia:

Kaur Bag Bangdik Ro Bangpers SDE SDM Polri
Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat
Kasubbid Sunluhkum Bidkum Polda Metro Jaya (2012)

Kabagbinopsnal Ditreskrimum Polda Metro Jaya
Kapolres Kutai Kartanegara (2013-2014)
Kanit II Bagresmob Robinops Bareskrim Polri (2014-2017)

Baca Juga:  Pemprov Banten Gandeng Polisi dan Jaksa Incar Perusahaan Tambang Nakal

Dirreskrimsus Polda Banten (2017-2019)
Kapolres Metro Tangerang Kota (2019-2020)
Analis Kebijakan Madya Bidang Pideksus Bareskrim Polri (2019)

Wadirtipidkor Bareskrim Polri (2020)
Wadirtipidter Bareskrim Polri (2021)
Karokorwas PPNS Bareskrim Polri (2021-2023).***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *